Perumda Tirta Amertha Buana

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Amertha Buana Kabupaten Tabanan

📰 Perumda TAB Tabanan Turunkan Tarif Sambungan Rumah Jadi Rp 1,95 juta

Jumat, 05-Jan-2024
oleh admin1

Ka.Bag Langganan I Made Sudiana,SE dan Kasubag Humas I Wayan Agus Suanjaya

Tabanan – Perusahan Umum Daerah Tirta Amerta Buana (Perumda TAB) Tabanan menurunkan tarif sambungan rumah (SR) baru dari yang semula bertarif Rp 2.773.000 menjadi Rp.1.950.000 di awal tahun 2024.

Kepala Bagian Hubungan Langganan Perumda TAB Tabanan, I Made Sudiana, didampingi Kasubag Humas Perumda TAB, I Wayan Agus Suanjaya, mengemukakan hal itu saat menggelar jumpa pers, Kamis (4/1/2024)

Mernurut Wayan Sudiana, penurunan tarif pasang baru sambungan rumah ini baru kali ini dilakukan Perumda TAB Tabanan. Selain untuk menambah jumlah pelanggan, penurunan tarif ini dimaksudkan juga untuk mendukung program pemerintah mengurangi penggunaan air tanah melalui pengeboran sumur. “Penurunan tarif baru sambungan rumah sejumlah Rp 823.000 atau sekitar 29,6 persen ini merupakan kali pertama yang dilakukan Perumda TAB Tabanan. Silakan masyarakat yang berminat untuk mendaftar mumpung tarifnya relatif murah,” paparnya.

Disebutkan, saat ini jumlah pelanggan Perumda TAB Tabanan tercatat sejumlah 64.509 SR. Selama tahun 2023 ada penambahan pelanggan sejumlah 3.704 SR. “Pada tahun 2023 dari target pelanggan sejumlah 1.425 SR tercapapai 3.704 SR atau tercapai sekitar 160 persen dari target. Ada tambahan pelanggan yang cukup besar karena adanya Program Gebyar Sambungan Air Minum Murah yang mendapat respon positif dari masayarakat,” katanya berterus-terang.

Meski Program Gebyar sambungan Air Minum Murah yang digelar tahun 2023 memberikan dampak positif yang cukup signifikan terhadap penambahan jumlah pelanggan baru, namun Sudiana belum berani memastikan program gebayar tersebut akan digelar kembali tahun ini. “Belum ada kepastian program gebayar digelar kembali tahun ini. Direksi perlu melakukan analisa dan evaluasi terkait hal itu,” katanya singkat.

Terkait belum adanya kepastian digelarnya program tersebut, maka pada tahun 2024 ini Perumda TAB Tabanan memasang target penambahan pelanggan baru sama seperti target tahun 2023 yakni sejumlah 1.425 SR. “Target yang kami pasang realistis yakni 1.425 SR yang kita harapkan bisa dipenuhi dari wilayah perumahan yang ada di Kecamatan Kediri dan Tabanan,” katanya.

Sudiana juga mengungkapkan, selama tahun 2023 Perumda TAB Tabanan telah melakukan pencabutan sambungan air sejumlah 648 SR karena menunggak pembayaran tekening air selama 4 bulan berturut-turut. “Sebelum melakukan pemutusan sambungan air, kami telah melakukan pendekatan kepada para pelanggan terlebih dulu,” katanya sambil menambahkan sambungan air yang dicabut umumnya berada di wilayah perumahan yang rumahnya tidak dihuni oleh pemiliknya.

Kasubag Humas Perumda TAB, I Wayan Agus Suanjaya menambahkan pihaknya juga terus melakukan sosialisasi pembayaran tagihan rekening air secara online untuk mempermudah para pelanggan melakukan pembayaran tanpa harus datang langsung ke Kantor Pusat maupun Unit Perumda TAB. “Kami bersyukur karena sepanjang tahun 2023 mendapat respon baik dari para pelanggan. Pembayaran tagihan air Perumda TAB secara online bisa dilakukan di Indomaret dan Alfamart terdekat. Selain itu pembayaran juga bisa dilakukan melalui teller, m-banking, internet banking, dan ATM Bank BPD Bali. Kemudian untuk pelanggan yang tidak memiliki rekening Bank BPD Bali dapat melakukan pembayaran dengan cara transfer antar Bank,” jelasnya.

Ditambahkan, para pelanggan juga bisa melakukan pembayaran secara langsung melalui agen-agen Arindo atau griya bayar Bank BTN. “Hanya saja untuk pembayaran dari rekening BCA saat ini belum bisa dilakukan karena ada penyempurnaan jaringan,” katanya.

Agus Suanjaya juga mengimbau pelanggan untuk dapat menggunakan aplikasi SimpelTAB salah satunya untuk menyampaikan keluhan sehingga dapat lebih cepat ditangani. Selain menggunakan aplikasi SimpelTAB, Perumda TAB juga tetap mengoptimalkan layanan callcenter via WhatsApp dan Telepon. “Bahkan Perumda TAB telah menempelkan stiker yang berisikan nomor informasi pengaduan di masing-masing pelanggan untuk memudahkan pelanggan menyampaikan keluhan kepada Perumda TAB Tabanan,” tegasnya.***

sumber : https://kabarnusa.com/perumda-tab-tabanan-turunkan-tarif-sambungan-rumah-jadi-rp-195-juta/


Share on: Facebook, X (twitter), Telegram

📰 Berita Pilihan